17 November 2010

Sedikit pemikiran saya

Pagi ini saya membuka portal berita detik.com dan saya sangat kaget bahwa bakrie akan bekerjasama dengan salah satu keluarga terkaya di dunia dalam perihal distribusi batu bara ke China yang menurut sumber tersebut, akan menjadikan Indonesia menjadi pemasok batu bara terbesar ke China nantinya..

Sumber


Hal tersebut membuat saya jadi bertanya2..apakah sudah sejauh ini Indonesia mau diajak bekerjasama dengan pihak luar, tanpa memikirkan aspek - aspek lainnya selain aspek materiil dan keuntungan belaka ? Pikirkanlah.. Jika kita menjadi pemasok batu bara terbesar ke China mungkin itu akan membawa dampak yang positif untuk Indonesia kedepannya..tapi hanya sementara waktu, sampai SDA tersebut habis, kemudian Indonesia akan kembali ke era seperti Orba saat itu yang terbuai oleh "oil booming" dan akhirnya lama - lama malah tergantung pada pendapatan minyak saat itu yang akhirnya lambat laun sirna dimakan waktu..


Sementara pihak diluar Indonesia sana mendapatkan hasil dan juga keuntungan yang lebih besar daripada bangsa ini. Cina misalnya, sebagai negara tujuan ekspor batu bara pasti akan menggunakan batu bara tersebut untuk proses produksi dan akan menambha produksi barang - barangnya untuk kemudia di eksport ke beberapa negara. Keluarga Rotschild jelas akan mendapatkan keuntungan juga yang sungguh sangat besar untuk kemudian dipakai ke dalam anak - anak perusahaannya yang sungguh sangat banyak di dunia ini. Bakrie ? maaf bukan maksud saya meremehkan.. Tapi saya tidak begitu yakin trah keluarga Bakrie akan memberikan banyak kemajuan untuk Indonesia..Seperti yang terjadi dulu pada masa orba bahwa kemajuan ekonomi hanya akan terjadi sementara waktu jika Indonesia masih tetap bertumpu pada SDA yang melimpah tersebut tanpa menggunakannya untuk proses produksi dalam negeri sendiri..



mungkin ada benarnya kata2 proklamator Indonesia Alm. Sukarno..bangsa kita harus dapat BERDIKARI agar dapat sejajar dengan bangsa - bangsa lainnya di dunia ini.

No comments:

Post a Comment