27 July 2011

Jangan Ada Kata Berhenti !

Pada masa-masa seperti ini dapat dikatakan beberapa organisasi mahasiswa mengalami fase reses di dalam pergerakannya. . Reses yang menurut KBBI berarti masa istirahat dari kegiatan sidang dalam hal ini diartikan sebagai masa istirahat berkegiatan untuk organisasi kemahasiswaan. Liburan akhir semester dimanfaatkan oleh beberapa mahasiswa untuk menikmati liburan di kampung halaman masing-masing. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab adanya masa reses di dalam organisasi mahasiswa kebanyakan.




Namun begitu menurut saya tidak perlu ada penyematan kata "reses" di dalam kegiatan organisasi mahasiswa. Penggunaan kata reses tersebut menurut saya hanya akan semakin menambah menurunnya semangat para mahasiswa yang aktif berkegiatan di dalam organisasi tersebut. Berkaca dari pengalaman buruk para wakil rakyat anda yang memanfaatkan waktu reses justru untuk liburan, hal tersebut justru terjadi pula di beberapa organisasi mahasiswa saat ini. Seharusnya masa-masa "reses" seperti saat ini dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk belajar dengan santai di kampung halaman masing-masing. Mengapa saya sebut belajar dengan santai ? karena pada masa-masa seperti inilah kesempatan untuk belajar (membaca, diskusi, dan menulis) dengan cara santai dapat dilakukan. Santai disini dapat berarti belajar dengan metode yang diinginkan masing-masing individu. Jika individu tersebut lebih senang belajar sambil bersantai-santai dirumah, atau belajar sambil menikmati indahnya alam kampung halaman mereka, maka kerjakanlah !


Masa reses yang terjadi di dalam dinamika kerja dewan perwakilan pun seharusnya diisi dengan kegiatan mendengar serta menyerap aspirasi masyarakat daerah asal para anggota dewan. Bukan seharusnya diisi dengan liburan yang menyebabkan terbengkalainya rakyat serta tidak berjalan maksimalnya program-program  yang telah dirancang. Penyalahgunaan waktu reses tersebut menurut saya adalah sebuah kesalahan bodoh ! Bukan berarti kita tidak boleh beristirahat, bahkan anjuran untuk membagi waktu antara bekerja dan beristirahat pun diharuskan adanya agar semangat serta kinerja dapat tetap terjaga. Namun waktu istirahat yang terlalu banyak pun akan menyebabkan berkurangnya kemampuan otak kita untuk bekerja. Istirahat baik adalah istirahat yang tidak terlampau banyak, istirahat juga bekerja dengan intensitas yang lebih kecil dari semestinya., itulah yang dinamakan istirahat ataupun reses yang sehat !


Hal tersebut harus kita lakukan sebagai mahasiswa di dalam mengisi waktu liburan kali ini. Celakalah mereka yang hanya memanfaatkan waktu ini untuk bersenang-senang tanpa melakukan kegiatan produktif sama sekali. Sekembalinya mereka dari masa reses saat ini pastilah akan membawa dampak kemalasan yang semakin menjadi-jadi di dalam diri masing-masing. Oleh karena itu saya katakan JANGAN ADA KATA BERHENTI ! Sadarkah bahwa saat ini generasi tua di Indonesia sudah tidak dapat diandalkan lagi untuk menjalankan roda-roda perjalanan negara ini ? "kita, generasi kita ditugaskan untuk memberantas generasi tua yang mengacau" adalah salah satu ucapan Soe Hok Gie semasa hidupnya untuk menggambarkan bagaimana keharusan generasi muda untuk terus bergerak maju ke depan. Jangan sekali-kali kita berhenti, jika butuh istirahat maka berhentilah dengan tetap berjalan di tempat. Nanti disaat kita sudah tidak berdaya lagi untuk bergerak, saat itulah masa dimana kita akan beristirahat total menghentikan seluruh aktifitas jasmani serta rohani kita. Itulah yang disebut mati.


Oleh karena itu sekali lagi saya tekankan, Jangan ada kata berhenti ! Selamat belajar serta belajar di tempat masing-masing kawan.

No comments:

Post a Comment